Tips memilih partisi sliding untuk ruangan sesuai fungsinya

Tips memilih partisi sliding untuk ruangan agar terlihat elegan dan menyesuaikan kegunaannya. Partisi sliding atau pintu lipat merupakan sebuah pintu yang  digunakan untuk membuat sekat antara dua ruangan. Partisi sliding juga sering disebut sebagai connecting door yang menyambungkan atau menggabungkan dua ruangan. Prinsip kerjanya adalah ketika dipasang partisi sliding ini akan menyekat dua ruangan dan ketika dilipat akan menggabungkan 2 ruangan yang tadinya tersekat.

Partisi sliding ini banyak digunakan di beberapa rumah yang bergaya minimalis dan terkadang juga digunakan di gedung perkuliahan atau perkantoran. Rumah bergaya minimalis yang menggunakan partisi sliding akan membuat rumah tersebut memiliki kesan klasik dan tradisional. Partisi sliding ada yang berasal dari bahan PVC dan ada juga yang terbuat dari bahan kayu. Anda dapat memilih jenis partisi sliding yang digunakan berdasarkan kebutuhan.

Tips memilih partisi sliding untuk ruangan

Memilih partisi sliding yang akan digunakan tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis ruangan dan kebutuhannya. Anda juga harus menentukan fungsi ruangan, dengan tujuan apa ruangan tersebut dibuat. Partisi sliding yang akan digunakan hanya sebagai sekat saja atau membutuhkan peredam suara juga. Berikut ini tips untuk memilih partisi sliding sesuai kebutuhan :

  1. Jika partisi sliding hanya digunakan sebagai sekat tanpa membutuhkan peredam suara, maka partisi sliding PVC adalah pilihan yang tepat. kelebihan dari partisi sliding PVC adalah praktis, lebih ringan dan tidak memakan banyak ruangan. Selain itu partisi sliding ini memiliki harga yang lebih ekonomis.Tips memilih partisi sliding untuk ruangan
  2. Jika ruangan membutuhkan partisi sliding yang lebih kokoh dengan sedikit peredam suara, maka jenis partisi sliding yang tepat adalah SAMOWA.

  3. Jika ruangan membutuhkan partisi sliding yang sangat kokoh dan dengan peredam suara yang lebih ampuuh sehingga semua suara teredam di dalam ruangan dan tidak keluar maka jenis partisi sliding yang sesuai adalah SOREPA.Tips memilih partisi sliding untuk ruangan

Final pemasangan partisi ruangan

Setelah selesai menentukan jenis partisi yang akan digunakan maka langkah selanjutnya adalah pemasangan final partisi ruangan. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Ukur secara tepat lebar dan panjang ruangan yang akan dipasang partisi sliding.
  2. Informasikan kepada perencana teknik atau tukang yang akan memasang partisi tentang media apa yang akan berada di atas partisi sliding. Partisi sliding akan bertemu langsung dengan atap baja tau hanya bertemu beton.
  3. Tentukan penutup atau cover partisi yang akan digunakan. Disarankan untuk memilih cover yang sesuai dengan desain ruangan. Usahakan memilih cover yang senada dengan ruangan.
  4. Informasikan kepada teknisi tentang detail dan kegunaan ruangan, akan digunakan sebagai apa ruangan dan bagaimana caranya menyimpan partisi saat tidak digunakan.
  5. Yang terakhir dan yang paling penting adalah perencanaan biaya. Kita harus menghitung secara jelas berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli dan memesan partisi. Hitung juga biaya yang digunakan untuk operasional pemasangan partisi, karena bisa jadi biaya operasional pemasangan akan cukup tinggi. Oleh karena itu, rencanakan dan hitunglah secara teliti budget yang akan digunakan.

Partisi sliding ruangan memiliki berbagai macam bahan yang bisa digunakan dan dipilih. Ada juga yang berbahan kaca. Partisi sliding berbahan dasar kaca ini banyak digunakan di bangunan rumah. Agar penggunaan yang direncanakan sesuai fungsinya terapkan dengan baik tips memilih partisi sliding untuk ruangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *